Monev Malaria 2012 (termasuk training e-SISMAL)

MONEV PROGRAM MALARIA 
DAN PELATIHAN e-SISMAL 
UNTUK WILAYAH KALIMANTAN DAN SULAWESI
BALI :  9 - 14 JANUARI 2012
Sebagai tindak lanjut pembuatan e-SISMAL (elektronik sistem informasi surveilans malaria) pada tanggal 9   sampai 14 Januari 2012 dilakukan pertemuan Monitoring dan Evaluasi Program Malaria khusus wilayah Kalimantan dan Sulawesi. Pada kegiatan tersebut, dilakukan pula sosialisasi e-SISMAL kepada petugas ME (Monitoring dan Evaluasi). 

eSISMAL adalah sebuah tools untuk pencatatan dan pelaporan data individual penderita Malaria. eSISMAL digunakan pada level puskesmas, kabupaten, propinsi dan pusat. dengan adanya eSISMAL ini diharapkan dapat membantu dalam hal pencatatan dan pelaporan data program Malaria. 
Salah satu programmer InfoKunci (saudara Dadang Supriyadi) yang mendevelop e-SISMAL ikut dalam kegiatan Monev Malaria tersebut. berikut petikan tulisannya 
--------------------
Alhamdulillah saya diundang untuk hadir dalam kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Malaria di Bali. Berangkat hari senin dari Jakarta menuju Bali, senin malam kegiatan di buka secara resmi oleh Direktur P2B2 (ibu Rita). Hari selasa kegiatan Monev dimulai, diawali dengan presentasi-presentasi mengenai program Malaria... (jujur walaupun awalnya terasa asing pembicaraan rapatnya, tapi lama-lama banyak informasi/ ilmu yang saya dapat mengenai program Malaria ini...hehehe), sampai sore hari presentasi selesai. 
Malam hari diadakan kelas pelatihan e-SISMAL untuk petugas pengelola program Malaria tingkat propinsi, kelas dimulai pukul 19:30 berakhir sampai 12:30. Pelatihan dibimbing oleh staff IT dari Subdit Malaria yang sebelumnya sudah saya latih mengenai penggunaan e-SISMAL tersebut, saya hanya sebagai asisten yang mengamati peserta pelatihan (walaupun ternyata lebih repot....karena harus hilir mudik membantu peserta dalam teknis penggunaan tools tersebut). pada akhirnya, pelatihan ini dirasa sangat bermanfaat bagi pengelola program Malaria, dikarenakan selama ini pencatatan dan pelaporan masih manual (mulai dari mengitung beberapa varian output sebagai report, indikator, selama ini dilakukan manual) dengan e-SISMAL semua varian output sebagai report sudah otomatis tersaji setelah mengisi data indiviual penderita malaria.

Saya kembali ke Jakarta dari bali tanggal 12 januari 2012, walaupun acara Monev masih berlangsung hingga 14 Januari 2012..... (maklum tugas utama melatih e-SISMAL sudah selesai.... dan masih ada beberapa tugas menanti di Jakarta).
Terimakaish saya ucapkan kepada Subdit Malaria atas undangan kegiatan Monev-nya, serta kerjasama yang telah terjalin selama ini. semoga Allah memberi ridho atas kerjasama yang terjalin...amiiin..

berikut foto-foto selama di Bali
ruang pertemuan monev Malaria 2012
 

dr. Iqbal (sebagai pemandu rapat) 

 Sesi foto bersama (dadang - foto dilingkari merah)
 gaya di depan resto hotel Rani Bali
 
-------------------------------